Sifat dan Perubahan Wujud Benda (Materi Sains Kelas 5 SD)


Kelas 5 Tema 1 (Benda-Benda di Lingkungan Sekitar)

Sub Tema 1 (Wujud Benda dan Cirinya)



Sifat dan Perubahan Wujud Benda

A.   Sifat Benda
1.     Benda Padat
      Sifat benda padat, bentuk dan ukurannya tetap walaupun tempatnya dipindah-pindahkan. 



Berat benda yang sejenis, misalnya dari besi, makin besar ukurannya makin berat benda tersebut. Namun, berat atau ringan suatu benda tidak hanya ditentukan oleh besar atau kecil benda itu. Berat benda bergantung pula pada jenis benda padat tersebut. Contohnya bola plastik lebih ringan daripada bola sepak walaupun ukurannya sama. Kesimpulannya benda padat memiliki berat bergantung pada jenis dan ukurannya.




2.     Benda Cair
·        Bentuk benda cair selalu mengikuti bentuk wadahnya.
Bentuk minyak goreng dalam botol berubah jika dituang ke penggorengan. Demikian pula dengan air yang dituang ke gelas, bentuk air seperti bentuk gelas. Hal itu berarti bahwa bentuk benda cair mengikuti bentuk wadahnya. 


·        Bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar.
Bentuk permukaan benda cair yang tenang berbeda dengan bentuk cair  yang bergejolak, Hal itu terlihat pada wadah yang tembus pandang, walaupun wadahnya dimiringkan, permukaan benda cair yang tenang tetap datar. Bagaimanapun cara kamu memiringkannya, permukaan benda cair yang tenang selalu datar. 

·        Benda cair mengalir ke tempat rendah.
Hal ini dapat dilihat pada aliran air/selokan  yang ada di rumahmu atau bahkan meungkin pada air terjun yang mengalir deras dan jatuh melalui tebing yang curam. Air terjun memberikan pemandangan yang menakjubkan.

 
  • Benda cair menekan ke segala arah.
Air mempunyai tekanan. Semakin rendah tekanan air pada tempat itu maka semakin besar. Hal itu dapat dibuktikan dengan membuat air menjadi memancar. Pacaran air dari tempat lebih rendah tampak lebih jauh. Itulah sebabnya tembok dalam bendungan dibuat makin ke bawah makin tebal, hal ini untuk menahan tekanan air yang makin besar di bagian bawah. Kesimpulannya, benda cair memiliki berat, permulaan selalu datar, mengalir ke tempat yang rendah, dan menekan ke segala arah.   
 3. Benda Gas 
  • Benda gas mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya. 
Ketika ban sepeda dipompa, gas masuk ke dalamnya. Ban akan terasa padat bila gas sudah memenuhi seluruh ruangan di dalamnya. Hal ini berarti benda gas mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya.


  • Benda gas menekan ke segala arah
Seperti halnya benda cair, benda gas  juga memiliki sifat menekan ke segala arah. Bila balon yang terisi benda gas kita tusuk dengan jarum maka benda gas akan mengalir ke luar seperti halnya aliran air dalam botol yang dilubangi. Hal ini menunjukkan bahwa udara menekan ke segala arah.


  • ·        Benda gas terdapat di segala tempat
Benda gas yang selalu ada di sekitar kita adalah udara. Di semua tempat ada udara bahkan wadah yang terlihat kosong pun ternyata berisi udara. Udara merupakan benda gas yang tidak terlihat, kita tidak dapat melihatnya meskipun udara ada di sekitar kita.


B. Perbedaan Benda Padat, Cair dan Gas





C. Perubahan Wujud Zat


Perubahan wujud zat adalah perubahan termodinamika dari satu fase benda ke keadaan wujud zat  yang lain. Perubahan wujud zat ini bisa terjadi karena peristiwa pelepasan dan penyerapan kalor. Perubahan wujud zat terjadi ketika titik tertentu tercapai oleh atam/senyawa zat tersebut yang biasanya dikuantitaskan dalam angka suhu. Semisal air untuk menjadi padat harus mencapai titik bekunya dan air menjadi gas harus mencapai titik didihnya. 



Perubahan wujud zat digolongkan menjadi enam peristiwa sebagai berikut:
1.     Membeku
      Peristiwa perubahan wujud dari cari menjadi padat. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh peristiwa membeku yaitu air yang dimasukkan kedalam freezer maka akan menjadi es batu.
 2. Mencair 
 Peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi cair. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contoh peristiwa mencair yaitu pada batu es yang berubah menjadi air, lilin yang dipanaskan.
 
3. Menguap
  Peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi gas. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. contohnya air yang direbus maka lama-kelamaan akan habis. bensin yang dibiarkan terbuka lama-kelmaan juga akan habis menjadi asap.



4. Mengembun 
 Peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi cair. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. contoh mengembun adalah ketika kita menyimpan es batu dalam gelas maka bagian luar gelas akan basah, atau rumput di lapangan menjadi basah di pagi hari padahal malam harinya tidka hujan.

5. Menyublim

Peristiwa perubahan wujud dari padat menjadi gas. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contohnya menyublim yaitu pada kapur barus (kamper) yang disimpan pada lemari pakaian lama kelamaan akan habis.



6. Mengkristal

Peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi padat. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh mengkristal adalah pada peristiwa berubahnya uap menjadi salju.


  
Contoh peristiwa perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari :

1. Eskrim yang meleleh karena terkena suhu panas termasuk contoh peristiwa perubahan wujud mencair, yaitu perubahan wujud dari padat menjadi cair.

2. Minyak angin bisa menguap menjadi gas  karena jika minyak dibiarkan dalam kondisi terbuka maka akan berubah menjadi gas. Maka minyak angin tersebut termasuk dalam peristiwa perubahan wujud (menguap), yaitu perubahan wujud dari cair menjadi gas.
 





DAFTAR PUSTAKA

Guru Kelas 5 Tema 1 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.2014



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISTILAH-ISTILAH DI EMAIL

Perbedaan Domain & URL